ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA PERHOTELAN

Sebagai seorang hotelier yang handal dan berpengalaman, kita kan dihadapkan dalam berbagai macam istilah yang terbilang cukup rumit untuk dipahami terutama bagi para pemula dalam bidang perhotelan, adapun berbagai macam istilah tersebut terkadang menjadi suatu pengalaman yang cukup pahit bagi kita tatkala tak mampu kita pahami hal tersebut.

http://www.lomboksociety.web.id/2015/06/istilah-istilah-dalam-dunia-perhotelan.html



Istilah-istilah dalam dunia perhotelan tersebut terbilang langka dan jarang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, untuk lebih lanjut berikut istilah-istilah dalam perhotelan : 




OTA Online Travel Agent ( booking.com, Expedia, Agoda )
ARR Occupancy Room Rate ( harga kamar yang tersedia )
Turn Down  Pembersihan Kamar 
ETA Estimasi Time Arrival ( perkiraan waktu kedatangan )
ETD Estimasi Time Departure ( perkiraan waktu Keberangkatan )
Check-in Kedatangan tamu untuk menginap
Check-out Tamu meninggalkan hotel setelah selesai menginap
Menu Daftar harga dari sebuah pelayanan atau barang 
Buffet  Penyajian makanan yang dilakukan dalam bentuk prasmanan
A la carte Penyajian makanan dengan cara taking order, seperti di warung atau lesehan 
EA Estimasi Arrival ( perkiraan Jumlah tamu yang akan menginap )
ED Estimasi Departure  ( perkiraan Jumlah tamu yang akan check-out )
Out of Order  Tidak bisa di pergunakan lagi
Cocktail  Minuman dengan alkohol 
Mocktail  Minuman tanpa alkohol 
Package  Penjualan kamar yang disertai dengan berbagai macam pelayanan dalam 


satu harga khusus
Contract Rate  Harga kamar yang diberikan pihak hotel ke travel agent berdarsarkan term 


and condition 
Net  harga dari sebuah barang atau jasa setelah ditambahkan dengan pajak dan 


pelayanan ( tax and service )
Arrival  Kedatangan tamu ke hotel 
Departure Keberangkatan tamu dari hotel ke hotel ataupun destinasi lain 
Clear-up  Membersihkan sisa makanan di meja tamu beserta wadahnya 
Compensation Pelayanan extra yang diberikan kepada tamu atas dasar kesalahan atau 


kekurangan yang dimiliki hotel sebagai bayaran atas kesalahan tersebut
Price List Daftar harga dari sebuah jasa atau barang perhotelan 
Follow-up  Menyelesaikan masalah yang tertunda atau yang sedang terjadi 
Vacuum  Membersihkan kotoran yang berada di kamar ataupun kolam renang 
Breakfast Sarapan yang biasanya digratiskan oleh pihak perhotelan 
Agent rate  harga kamar yang dikhususkan untuk travel agent 
Publish Rate  harga kamar yang telah diresmikan dan diberikan secara menyeluruh 
Corporate rate  harga kamar yang dikhususkan untuk instansi pemerintah atau swasta yang telah 


memiliki banyak kerjasama satu sama lain
Book Keeping rate  Rate harga untuk pertukaran mata uang per dollar amerika yang dijadikan standar oleh 


pihak hotel terkait 
Lobby  Bagian depan front desk atau resepsionis 
Fully booked  Kamar sudah terpesan semua 
Booking  Pemesaanan kamar 
Blocking room  Kamar yang diblok untuk suatu keperluan 
Allotmant Penjatahan kamar untuk travel agent 
Late Check-out  Tamu meninggalkan hotel dengan waktu yang tidak semestinya seperti jam 02,00 


atau setelahnya 
Check-out time  Waktu untuk meninggalkan kamar hotel biasanya jam 11,00 atau 12,00
Check-in time